Gagal Koneksi Smart TV

Step Atasi Gagal Koneksi Smart TV dengan Sambungan PC

Diposting pada

Gagal koneksi Smart TV ke PC menyebabkan anda tidak bisa memutar video di dalam folder PC. Ya, dengan fitur smartshare pengguna bisa memainkan video yang ada di PC menggunakan Smart TV.

Namun karena beberapa hal kadang terjadi masalah sambungan antara Smart TV dengan PC. Masalah tersebut bisa menyebabkan beberapa hal, misalnya saja layar Smart TV blank dan lain-lain. Jika itu terjadi tidak perlu khawatir, berikut akan kami ulas langkah-langkah mengatasi gagalnya koneksi Smart TV dengan PC.

Step Atasi Gagal Koneksi Smart TV dengan PC

Baca Juga : Cara Mengatasi Browser Internet Smart TV yang Tidak Terdeteksi

Layar Kosong setelah Tersambung

Masalah yang sering terjadi pada koneksi antara Smart TV dan PC adalah layar TV yang menjadi kosong setelah tersambung dengan PC. Ini masalah yang sepele namun menjengkelkan karena menghambat anda dari mendapatkan hiburan yang berkualitas.

Untuk mengatasi gagal koneksi semacam ini mudah saja. Yang harus dilakukan pertama kali adalah memeriksa PC yang terhubung dengan Smart TV. Pemeriksaan ini untuk memastikan bahwa PC yang digunakan tersebut masih berfungsi dan spesifikasinya sesuai.

Nah setelah memastikan PC yang digunakan baik-baik saja, maka bisa mematikan Smart TV menggunakan remote control. Kemudian kembali menghidupkannya dengan remote control. Jangan menggunakan tombol power karena bisa membuat proses gagal.

Nah saat TV menyala, maka langkah selanjutnya adalah me-restart PC. Periksa juga apakah resolusi layar didukung saat input PC. Jika pengguna ingin menggunakan dual monitor, maka harus memastikan bahwa PC/Notebook yang digunakan juga mendukung dual monitor. Terakhir, setelah langkah-langkah di atas dilakukan dengan urut dan teratur maka kabel HDMI bisa disambungkan kembali.

Audio Tidak Keluar

Gagal koneksi Smart TV dengan PC juga bisa menyebabkan audio/suara tidak keluar. Ini disebabkan eror yang terjadi pada kabel HDMI yang menghubungkan PC dengan Smart TV.

Nah jika ini terjadi maka pengguna bisa menguhubungi produsen dari kartu video (VGA) yang dimiliki oleh PC/Notebook. Jika kartu video (VGA) yang dimiliki oleh PC tersebut dirancang untuk memutar format file DVI, maka harus terhubung secara terpisah dengan kabel untuk audio.

Caranya adalah dengan menghubungkan kabel untuk audio yang bisa dihubungkan antara output PC/Notebook. Kemudian kabel tersebut disambungkan ke port audio Smart TV atau bisa juga ke speaker tambahan.

Layar Smart TV Terputus

Layar Smart TV yang terputus setelah disambungkan dengan PC juga termasuk kegagalan koneksi antara Smart TV dan PC. Maksudnya terputus adalah layar Smart TV pindah ke satu sisi setelah disambungkan dengan PC.

Jika masalah ini terjadi, maka solusinya adalah mengecek resolusi di TV yang kompatibel dengan resolusi di PC. Jadi pengguna bisa mengaturnya agar layar tidak terputus yang akan mengganggu proses menonton video/film.

Pastikan setelah resolusi layar sudah sesuai, PC segera di-reboot atau dihidupkan ulang. Jika pengaturan resolusi sudah pas, maka video output dari PC/Notebook sudah bisa  diproyeksikan melalui layar Smart TV.

Syarat Koneksi Smart TV dan PC tidak Gagal

Spesifikasi PC/Laptop

Jika tidak ingin terjadi gagal koneksi Smart TV dengan PC maka harus memastikan sistem operasi PC yang dugunakan sesuai. Tidak sembarang sistem operasi bisa disambungkan dengan Smart TV dalam mode smartshare.

Nah, agar PC bisa disambungkan dengan Smart TV maka sistem operasi yang dimiliki oleh PC adalah Windows 7 atau Windows 8. Degan begini pengguna bisa leluasa memainkan video, musik dan foto di Smart TV tanpa harus meng-install program tambahan.

Gunakan Software Smartshare

Pengguna tidak bisa memutar file yang ada di PC menggunakan Smart TV tanpa menggunakan software Smartshare. Pengguna bisa mengunduh software ini di website yang tersedia banyak di internet kemudian meng-install-nya.

Baca Juga : Cara Memunculkan Aplikasi Item Premium Smart TV pada Menu Home

Pastikan sebelum proses intalasi software semua program yang berjalan di PC ditutup. Misalnya saja software Firewall atau software Anti-Virus. Karena 2 software ini bisa menganggap software Smartshare sebagai virus dan menyebabkan proses instalasi tidak bisa dilanjutkan.

Demikianlah ulasan step atasi gagal koneksi Smart TV dengan PC yang sebabnya sangat beragam. Cara-cara yang diulas di atas sangat sederhana jadi orang awam pun bisa melakukannya. Namun jika masih saja terjadi eror maka disarankan menghubungi ahli tentunya.

Gambar Gravatar
Founder Membangun Inspirasi, Editor duniaelektronik.net, Kontributor klikmania.net, Teacher, Entrepreneurship, University student life. Berusaha menebarkan ilmu, inspirasi, dan kemanfaatan melalui tulisan. Jika bermanfaat silahkan share.