5 Cara Mencegah Karat Pada Motor Agar Kendaraan Tetap Awet

  • Whatsapp
Cara Mencegah Karat Pada Motor

Cara mencegah karat pada motor tentu sangat kamu perlukan. Selain membuat penampilan terlihat tidak bersih karat juga berpotensi merusak beberapa komponen kendaraan.

Tak hanya pada furniture rumah, nyatanya karat seringkali juga terjadi pada kendaraan baik itu mobil ataupun motor. Maka dari itu dibutuhkan perawatan yang rutin dan juga khusus agar karat ini tidak terjadi. Karat biasanya terjadi disebabkan bahan metal pada motor yang terpapar oleh bahan korosif dan juga oksigen. Adapun dari elemen lainnya pun bisa menimbulkan karat seperti lumpur, air hujan, dan semacamnya.

5 Cara Mencegah Karat pada Motor

Karat bisa menjadi sesuatu hal yang menyebalkan. Hal ini dikarenakan masalah tersebut dapat merusak bagian-bagian pada motor itu sendiri. Akan tetapi, apabila kamu tahu penyebab dan cara menangani karat yang tepat, maka kamu bisa menjaga motormu tetap awet. Berikut ini adalah 5 cara menangani karat pada motor yang harus kamu ketahui:

1 . Segera Bersihkan Motor Setelah Kehujanan

Cara Mencegah Karat Pada Motor

Di musim penghujan biasanya kendaraan roda dua kerap sekali mengalami kehujanan dalam waktu lama. Bahkan dalam beberapa kesempatan genangan banjir juga bisa kapan saja memaksa harus dilalui.

Baca Juga : 5 Aplikasi Pemantau Banjir Terbaik yang Bisa Dipasang di Smartphone

Karena kesibukan atau sudah terlalu lelah, usai terkena hujan tak sedikit para pengguna yang membiarkannya begitu saja. Padahal seperti kita tahu, kotoran yang bercampur dengan kadar asam yang tinggi pada air hujan jika dibiarkan maka dapat mempercepat munculnya karat pada beberapa komponen.

Salah satu cara mencegah karat pada motor yang dikarenakan oleh air hujan, adalah dengan segera membilasnya jika sudah sampai rumah. Namun jika ternyata sudah terdapat karat, kamu juga bisa memanfaatkan minuman bersoda untuk mempercepat proses pembersihannya.

Soda yang memiliki senyawa kimia basa, memang cukup efektif untuk menetralkan asam. Kamu tinggal mencuci bersih dengan sabun bagian yang berkarat sampai bersih. Setelah kering, siram bagian tersebut dengan air soda dan kemudian menggosokannya menggunakan aluminium foil atau sikat. Setelah karat hilang semua, cuci kembali bagian tersebut dengan air dan sabun sampai bersih.

2. Memakai Semprotan Anti Karat

Untuk cara mencegah karat pada motor yang pertama bisa kamu lakukan adalah dengan melumasi atau menyemprot motor dengan cairan anti karat dan juga pelumas rantai. Namun, melumasinya pun harus dengan benar dan usahakan agar dilumasi dengan sempurna. Hal ini dapat mencegah adanya karat yang muncul ketika motor sedang digunakan.

Saat ini di pasaran pun telah banyak cairan pelumas bagian motor yang bisa kamu pilih mana yang sekiranya cocok dan bagus. Aplikasikan cairan tersebut pada bagian-bagian yang rentan terkena karat seperti misalnya saja jeruji, baut dan juga gir pada motor.

3. Gunakan Amplas

Jika karat yang muncul pada motor hanya sedikit saja, maka kamu bisa mencoba memakai kertas amplas sebagai cara mencegah karat pada motor. Karat memiliki sifat yang mudah menyebar terutama pada suku cadang yang berbahan metal. Dengan segera menghilangkan karat yang sedikit, maka peluang karat tersebut menyebar semakin kecil.

4. Melakukan Perawatan Motor Secara Rutin

Cara Mencegah Karat Pada Motor

Karat bisa timbul apabila kamu adalah seseorang yang sering sekali meninggalkan motor di luar ruangan. Jadi, sebisa mungkin kamu juga harus meluangkan waktu untuk membersihkan motor tersebut seperti misalnya mencuci motor hingga kering dan bersih. Kemudian tak lupa juga melumasi rantainya supaya tetap berjalan mulus dan lancar.

Baca Juga : 4 Penyebab Suara Bising Berlebih pada Motor yang Harus Kamu Tahu!

Dengan perawatan yang berkala terhadap motor, maka hal itu bisa dijadikan sebagai cara mencegah karat pada motor yang paling efektif. Daya tahan motor juga bisa menjadi lebih kuat meski kerap kali digunakan di jalanan. Jadi, meluangkan waktu untuk membersihkan motor adalah hal yang sangat penting dan harus rutin dilakukan.

5. Menyimpan Motor Dengan Layak dan Rapi

Bagi orang-orang yang tinggal di wilayah danau atau pantai, adanya kelembaban dan hujan juga dapat menjadi sebuah pemicu yang dapat menimbulkan terjadinya karat. Tentu saja hal itu akan dapat membuat motor cepat rusak dan pastinya membutuhkan biaya servis yang lumayan mahal jika sampai terjadi kerusakan.

Maka dari itu, jika memang tak memiliki tempat yang cukup luas atau garasi untuk menyimpan motor, sebaiknya pergunakan cover motor untuk menutupi motor tersebut. Cara mencegah karat pada motor ini bisa digunakan supaya motor kamu tetap kering dan juga aman saat berada di luar ruangan. Hal ini juga merupakan suatu cara yang efektif serta tidak memakan banyak biaya.

Penutup

Itulah beberapa cara mencegah karat pada motor yang bisa kamu lakukan. Menghindarkan karat dari motor dapat membuatnya awet dan tentu saja, kamu tak perlu melakukanservis akibat dari adanya karat ini. Melakukan perawatan pada motor juga berfungsi agar motor tetap terlihat baru dan menarik meski sudah lama digunakan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *