5+ Penyebab Lampu Motor Jadi Redup dan Cara Mengatasinya

  • Whatsapp

Penyebab lampu motor jadi redup dan cara mengatasinya harus benar-benar diketahui, sehingga bisa meminimalisr terjadinya hal-hal negatif akibat kurangnya pencahayaan pada lampu sepeda motor, baik saat malam hari maupun saat berkendara di waktu turun hujan.

Pada semua kendaraan, selalu ada lampu yang berfungsi sebagai penerangan saat kita mengendara dalam keadaan gelap atau tengah malam. Tanpa adanya lampu, maka akan sangat sulit untuk melihat jalan dan hal itu bisa saja menimbulkan kecelakaan. Maka dari itu, keberadaan lampu ini sangatlah penting, termasuk pada kendaraan bermotor yang kamu miliki.

Namun, kadang kala ada saja masalah yang membuat lampu motor jadi meredup. Bahkan bisa saja mati secara total. Tentu hal ini akhirnya membutuhkan perbaikan. Oleh karenanya, kamu harus tahu apa saja yang menjadi penyebab lampu meredup pada kendaraan bermotor supaya bisa ditangani dengan baik. Beberapa komponen di bawah ini harus kamu periksa apabila lampu motor mulai meredup. Apa saja? Yuk simak penjelasannya!

6 Penyebab Lampu Motor Jadi Redup

1. Soket Kabel

Salah satu penyebab lampu motor jadi redup bisa jadi karena soket kabelnya. Kerap kali ada bagian yang kendur ataupun kotor dan tentunya hal ini menjadi penyebab utama tegangan yang masuk jadi tidak maksimal. Maka dari itu, kamu harus memeriksa bagian ini apakah soket kabel yang ada pada kiprok telah benar-benar menancap kuat atau belum. Kamu juga dianjurkan untuk membersihkan kerak pada bagian tersebut apabila memang ada.

Baca Juga : 5 Cara Mencegah Bagian-Bagian Motor Karatan Agar Kendaraan Senantiasa Awet Optimal

2. Arus Baterai Sudah Lemah

Pebab lampu motor redup biasanya juga karena akinya sudah lemah. Seperti kita tahu baterai atau aki pada kendaraan memiliki fungsi sebagai tempat menampung arus listrik. Saat mesin mati, maka ketika pertama kali kita menyalakan semua sistem kelistrikan yang ada pada kendaraan, baterai lah yang mengambil peranannya.

Apabila arus listrik yang tersimpan dalam baterai tersebut sudah lemah, secara otomatis sistem kelistrikan yang berjalan pun tidak akan maksimal. Misalnya saja starter sulit mengangkat mesin untuk hidup, suara klakson lemah, hingga lampu menjadi redup.

3. Kiprok Sudah Lemah

Penyebab lampu motor jadi redup

Jika aki memiliki fungsi sebagai penyimpan arus listrik, maka spull dan kiprok adalah kedua komponen yang memiliki tungas dalam hal mengisi daya aki. Selain bertugas mengisi daya listrik, kedua komponen ini juga sangat berperan dalam menunanjang semua sistem kelistrikan disaat mesin kendaraan hidup.

Artinya saat mesin hidup aki sudah tidak berfungsi lagi sebagai sumber listrik, sebab saat itu fungsinya telah digantikan oleh spull dan juga kiprok.  Jadi saat salah satu atau pun keduanya mengalami kerusakan, maka arus pengisiannya akan mengalami gangguan, sehingga bisa menyebabkan lampu motor menjadi redup.

4. Fitting Lampu

Selanjutnya yang bisa kamu periksa adalah pada bagian fitting lampu. Umumnya, bagian ini memang rentan gosong dikarenakan panas dari lampu motor itu sendiri. Apabila dibiarkan terlalu lama, maka bisa saja kuningan yang terdapat pada fitting jadi meleleh dan memicu terjadinya kerak. Kerak inilah yang nantinya dapat menghambat tegangan masuk pada lampu dan menyebabkannya tak maksimal. Oleh karenanya, lampu motor kamu jadi redup dan terangnya tak beda jauh dengan lilin.

5. Spul lampu atau Alternator

Penyebab lampu motor jadi redup yang selanjutnya ada pada spul lampu atau yang lebih dikenal juga dengan sebutan alternator. Spul lampu adalah sumber listrik pada kendaraan bermotor, itu artinya ia benar-benar harus berada dalam kondisi yang baik serta stabil. Apabila suhu mesin terlalu tinggi, maka alternator bisa saja mudah terbakar.

Hal ini dikarenakan keterlambatan dalam mengganti oli mesin dan bisa juga dari beberapa faktor lainnya. Oleh karena itu, kamu harus waspada apabila lampu motor mulai redup. Penyebabnya bisa karena spul atau alternator yang mana sudah mulai lemah dan bisa menjadi gejala awal sebelum ia benar-benar mati.

Baca Juga : Penyebab Motor Brebet dan Solusi Mengatasinya

6. Mencoba Ganti Lampu

Penyebab lampu motor jadi redup yang terakhir ini bisa jadi datang dari lampu itu sendiri. Kamu bisa memeriksa bagian tersebut dan melihat apakah dayanya sudah melemah atau tidak. Jika daya lampu sudah terlalu kecil, maka kamu dianjurkan untuk menggantinya. Contohnya saja lampu 18W yang diganti dengan lampu 32W. Kamu bahkan bisa menggantinya dengan lampu LED.

Biasanya lampu LED memiliki keunggulan berupa sifat terangnya yang melebihi bohlam biasa meskipun daya yang dimiliki sama. Bahkan keunggulan lain dari lampu LED adalah dapat meringankan kerja dari kiprok atau spul ini. Itulah mengapa lampu LED sangat dianjurkan pemakaiannya.

Cara Mengatasi Lampu Motor Redup

Penyebab lampu motor jadi redup

Setelah mengetahui penyebab lampu motor redup, maka kini tiba saatnya untuk kita membahas cara mengatasi lampu motor redup. Adapaun hal yang harus kamu lakukan adalah dengan langkah pengecekan sebagai berikut:

  • Dalam keadaan mesin mati, silahkan hidupkan lampu sein secara bergantian. Apabila semua sein mampu bekedip dengan normal berarti akinya dalam keadaan baik, namun jika tidak tandanya aki soak sehingga harus diperbaiki hingga diganti.
  • Pastikan soket lampu masih dalam keadaan baik, jika ditemukan karat atau pun lelehan sebaiknya segera ganti soket tersebut.
  • Cek semua lampu motor secara menyeluruh, pastikan tidak ada bagian yang mengelupas.
  • Jika lampu masih redup setelah melakukan langkah di atas, silahkan cek bagian kiprok. Gunakan voltmeter untuk mengukur tegangan out put yang keluar, jika kurang dari 11 volt berarti tandanya ada kerusakan. Tidak ada salahnya membawanya ke bengkel kepercayaan kamu sehingga penanganannya bisa lebih menyeluruh.

Penutup

Itulah beberapa penyebab lampu motor jadi redup yang harus kamu ketahui. Hal ini supaya memudahkan kamu dalam melakukan perbaikan dan tentu saja dapat menghemat biaya pergi ke bengkel. Namun, kamu juga harus mempelajarinya dengan baik supaya tidak semakin salah atau keliru saat memperbaiki komponen lampu ini. Kamu bisa belajar dari berbagai media seperti tutorial di YouTube dan sebagainya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *