Penting, Ini Perbedaan Elektronika Digital dan Analog yang Harus Diketahui

  • Whatsapp
Perbedaan Elektronika Digital dan Analog

Ketahui Perbedaan Elektronika Digital dan Analog!  Kalian yang membaca artikel ini pasti sering menganggap bahwa digital dan analog merupakan satu hal yang sama. Sebut saja, saat ada teman kalian yang bertanya tentang perbedaan kedua elektronika ini maka kalian pasti akan memberitahukan kepada mereka bahwa kedua elektronika ini memiliki pengertian yang sama.

Nah, pada artikel yang satu ini kami akan meluruskan kesalah pahaman kalian akan kedua elektronika yang berbeda ini. Yup, kedua elektronika ini memiliki pengertian dan cara kerja yang berbeda. Hanya terdapat satu persamaan besar yang membuat kalian menyamakan kedua elektronika ini. Kami beri standing applause untuk kalian yang berhasil menebak bahwa persamaan ini terletak pada fungsinya dalam kehidupan kalian sehari-hari.

Akan tetapi, ada lebih banyak perbedaan elektronika digital dan analog dibandingkan dengan persamaan keduanya. Kami akan membahas perbedaan itu untuk kalian dan yang kalian lakukan hanya satu hal. Ingat dan pastikan kalian tetap menggulir layar ponsel kalian hingga akhir paragraf dan kalimat yang ada ya, guys!

Pengertian Elektronika Digital dan Analog

Sebelum membahas lebih jauh ada baiknya kita pahami terlebih dahulu pengertian elektronik digital maupun elektronik analog ini.

Pengertian elektronika digital adalah suatu bagian dari ilmu elektronika yang mempelajari tentang pemrosesan sinyal digital (sinyal diskrit). Bagian elektronika yang dipelajari mulai dari materi tentang gerbang logika dasar hingga dengan sistem pemrosesan sinyal digital atau yang juga sering disebut sebagai sinyal diskrit.

Pengertian elektronika analog adalah bagian dari ilmu elektronika yang mempelajari fungsi dan sistem analog yang berhubungan dengan sinyal analog (sinyal kontinyu). Materi yang dipelajari pada elektronika analog adalah yang berhubungan dengan pengolahan maupun pemrosesan sinyal sinusoida maupun sinyal analog itu sendiri.

Perbedaan elektronika digital dan analog yang pertama harus kalian ketahui adalah dari pengertian keduanya. Kalian perlu mengetahui bila elektronika digital menggunakan sinyal yang kalian atau mungkin hanya segelintir masyarakat mengetahui tentang sinyal kontinue ini. Lalu, bagaimana dengan komponen dari elektronika analog ini?  Mereka yang ahli pada bidang ini menyebut komponen ini dengan nama diskrit. Komponen diskrit lebih tepatnya.

Hal ini jelas bertolak belakang dengan pengertian dari elektronika digital. Elektronika Digital menggunakan menggunakan signal digital sebagai isyarat bukan lagi memakai kontinue. Hal ini yang sama pun berlaku pada komponen yang ada pada elektronika digital. Elektronika digital memiliki komponen yang dikenal dengan digital. Nah, itulah perbedaan elektronika digital dan analog berdasarkan pengertian keduanya. Selanjutnya, kami akan mengulas lebih dalam lagi tentang perbedaan kedua elektronika ini untuk kalian, ya!

Perbedaan Elektronika Digital dan Analog

Hal selanjutnya yang dapat kalian jadikan patokan untuk membagi kedua elektronika ini adalah gelombang yang ada pada elektronika ini. Pada elektronika analog kalian lebih mengenal tiga komponen yang ada.

Yup, betul sekali ketiga hal tersebut adalah amplitudo, frekuensi, dan phase. Menggunakan ketiga hal tersebut akhirnya lahirlah elektronika analog yang kalian gunakan. Hal ini tentu sangat berbeda dengan elektronika digital. Mengapa demikian? Hal ini karena dalam elektronika digital tidak ada tiga hal yang melahirkan elektronika analog. Elektronika digital mengajarkan kalian untuk mengenal volt. Yup, sinyal hanya dalam bentuk nol dan satu.

Perbedaan elektronika digital dan analog yang selanjutnya dapat kalian lihat pada kelebihan dan kekurangan kedua elektronika ini. Elektronika analog cenderung memiliki biaya yang lebih terjangkau. Hal ini tentu saja karena barang-barang yang menggunakan elektronika ini biasanya jauh lebih sederhana dan sedikit kuno untuk sebagian masyarakat.

Hal ini berkebalikan dengan kelebihan dari elektronika digital. Elektronika digital jauh lebih efisien dan cepat bila kalian bandingkan dengan elektronika analog. Kecepatan dan efisiensi ini disebabkan karena elektronika digital jauh lebih canggih digunakan oleh masyarakat. Hal ini mungkin dipicu karena signal yang bekerja lebih cepat pada elektronika digital ini.

Nah, kini kalian pasti sudah jauh lebih mengerti tentang perbedaan elektronika digital dan analog dibandingkan sebelumnya. Kami harap kalian kini dapat menjelaskan kepada orang lain yang masih menganggap kedua elektronika ini memiliki persamaan ya, guys!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *