alat elektronik rumah tangga
ilustrasi via istockphoto

10 Alat Elektronik Rumah Tangga Paling Dibutuhkan di Dapur

Diposting pada 302 views

Alat elektronik rumah tangga tentu sangat dibutuhkan untuk menunjang berbagai kegiatan. Baik untuk sarana hiburan maupun untuk kebutuhan bunda di dapur.

Elektronik dapur terdiri dari berbagai macam jenis. Dimana masing-masing memiliki kegunaan yang berbeda. Bukan hanya itu, beberapa alat juga dapat menambah nilai estetika sebuah dapur.

Semakin lengkap alat elektronik rumah tangga di dapur yang bunda miliki, tentunya berbagai kegiatan memasak akan sangat mengasikan. Bahkan pada beberapa dapur yang penataannya oke, bisa untuk bersantai juga loh.

Oleh karena itu untuk menambah kesan nyaman dan oke dapur bunda, ada banyak hal yang bisa bunda lakukan. Mulai dari menyediakan banyak partisi yang fungsional, kemudian melengkapi elektronik dapur, mendesain sebuah dapur yang nyaman bukan hanya untuk memasak tetapi untuk bersantai, menggunakan warna dapur yang hangat, dan sebagainya.

Jika semua hal tersebut bisa tercapai, maka siapapun yang datang ke rumah, dan berkesempatan santai di dapur bunda, tentu akan betah dan tak mau beranjak dari sana.
Nah agar semakin jelas bagaimana membuat dapur menjadi nyaman dan tetap oke untuk bersantai, maka simaklah uraian kami berikut ini yaa.

Tips Menciptakan Dapur yang Nyaman untuk Bersantai

Berikut ini beberapa langkah yang bisa bunda tempuh, untuk mendapatkan sebuah dapur yang diimpikan. Yakni dapur komplit yang nyaman, dan oke buat semua keluarga bersantai.

Ornamen yang Digunakan Se-Tema dengan Desain Dapur

Saat membangun sebuah dapur, bunda harus menggunakan desain yang memang disukai. Apabila tidak mempunyai ide untuk dapur bunda, ada baiknya mengikuti trend yang sedang berkembang. Diantaranya yaitu dapur minimalis ataupun yang open space.

Bagi yang suka kegiatan intimate bersama keluarga saja, maka dapur minimalis yang cocok. Sedangkan jika bunda menyukai untuk mengajak banyak orang ke rumah, dan bersantai bersama bukan hanya dengan keluarga, maka bisa mencoba desain dapur open space.

Selain desain perhatikan juga ornament yang dipakai. Diantaranya lampu dapur yang estetik, gunakan hiasan pigura pada beberapa spot. Berbagai peralatan makan dan memasak, usahakan se-tema dengan warna dan desain dapur.

Bunda bisa menambah kesan dapur menjadi semakin hangat, dengan menghadirkan vas bunga kering pada beberapa spot.

Warna Dapur Bisa Berkolerasi dengan Tema Rumah

Dalam pemilihan warna dapur, ada baiknya memang menyesuaikan dengan tema rumah secara keseluruhan. Sehingga akan menambah kesan oke, dan nyaman untuk bersantai lama.

Kemudian bunda juga harus melihat desain dapur. Apabila menggunakan desain minimalis, ada baiknya mengkombinasikan warna terang dan warna soft.

Hal tersebut untuk memberikan kesan luas, tetapi tetap bernuansa hangat. Selanjutnya apabila konsep desain dapur open space, maka bunda bebas menentukan warna. Baik warna terang ataupun gelap.

Terpenting tetap kombinasi yang cocok dan sesuai kepribadian bunda, yang suka di dapur. Nah warna ornament, juga harus bunda sesuaikan dengan warna dapur secara keseluruhan. Dengan demikian, ornament ini tetap terlihat dan mempunyai nilai sendiri.

Pastikan Cahaya dan Sirkulasi Dapur Lancar

Tips menciptakan dapur yang nyaman dan oke selanjutnya, adalah dengan memastikan cahaya dan sirkulasi udara berlangsung lancar.

Dapur yang nyaman pastinya terlihat dari banyak aspek. Selain penataan yang oke, bunda juga perlu memastikan bahwa dapur mempunyai akses jendela yang lebar.

Misalnya pada sisi timur, bisa diberikan akses jendela besar. Gunanya agar cahaya dan udara bisa masuk secara lancar.

Namun apabila lokasi dapur di sisi barat, bunda bisa memberikan jendela besar pada sisi tersebut. Jika rumah bunda mempunyai dapur minimalis dan terhimpit dari berbagai sisi, maka berdayakan saja cahaya lampu.

Jangan lupa gunakan cerobong asap yang estetik, sehingga dapat menambah kenyamanan saat memasak.

Lengkapi Alat Elektronik Rumah Tangga di Dapur

Untuk menambah nilai nyaman dan oke dapur bunda, ada baiknya melengkapi alat elektronik rumah tangga di dapur juga. Dengan begitu kegiatan memasak akan menjadi semakin asyik. Anda pun akan semakin giat memasak. Baik itu masakan sehari-hari, ataupun kegiatan baking.

Penggunaan elektronik dapur, tentunya juga akan semakin menghemat waktu ketika memasak. Kegiatan memasak pun juga semakin efisien.

10 Alat Elektronik Rumah Tangga di Dapur yang Paling Dibutuhkan

Daftar elektronik dapur berikut ini bisa melengkapi dapur bunda, sehingga kegiatan di dapur menjadi semakin nyaman dan efisien. Tentunya dapat bunda gunakan bersama keluarga, maupun teman-teman untuk memasak bersama.

1. Microwave

Alat elektronik rumah tangga

Elektronik dapur yang pasti bunda butuhkan di dapur adalah microwave. Alat ini bunda perlukan biasanya untuk membuat adonan mengembang.

Selain itu bisa juga untuk membuat pop corn, memanaskan berbagai makanan, membuat pizza sederhana, dan sebagainya.

Cek Harganya di :

Bukalapak!

Shopee!

2. Hand Blender

Alat elektronik rumah tangga

Trend blender sekarang ini telah menggunakan hand blender. Dimana alat ini terkenal lebih praktis dan efisien dalam menghancurkan bahan-bahan masakan.

Hand blender pada dasarnya terdiri dari wadah gelas yang berukuran besar, dan mesin yang mirip dengan pengcacah bahan masakan.

Alat ini secara umum bisa bunda pakai untuk menghancurkan buah, kemudian menghalurkan bumbu, kemudian mengocok telur, dan menghancurkan daging.

Dengan adanya alat elektronik rumah tangga ini di dapur, bunda pun bisa mempercepat segala macam bahan yang harus dihaluskan.

Cek Harganya di :

Bukalapak!

Shopee!

3. Ice Cream Maker atau Yogurt Maker Blender

Alat elektronik rumah tangga

Membuat es krim atau yogurt sendiri di rumah, tentu merupakan sebuah kegiatan yang mengasikan. Bunda bisa berburu elektronik dapur untuk yogurt/Ice Cream Maker Blender, di berbagai toko online terbaik di Indonesia.

Alat ini akan membantu bunda untuk menghaluskan buah, hingga teksturnya berubah menjadi seperti bubur ataupun krim beku. Selanjutnya bunda bisa memasukkannya ke dalam lemari es, untuk membekukannya. Setelah itu, nantinya bisa dinikmati bersama anak-anak.

Cek Harganya di :

Bukalapak!

Shopee!

4. Food Processor

Alat elektronik rumah tangga

Elektronik dapur satu ini bisa bunda pergunakan untuk menggiling bumbu, kemudian menggiling daging, lalu mengocok telur, bahkan membuat bakso pun bisa memakai alat ini. Selain itu memperkecil permukaan es batu, juga bisa menggunakan alat elektronik rumah tangga yang satu ini.

Blender berbeda loh dengan Food Processor, karena blender hanya untuk menghancurkan bahan dengan bantuan air. Sedangkan jika menggunakan food processor, bunda bisa menghancurkan bahan tanpa memakai air.

Cek Harganya di :

Bukalapak!

Shopee!

5. Ketel Elektrik

Selanjutnya alat elektronik rumah tangga yang harus ada di dapur bunda, adalah ketel elektrik. Dimana sesuai dengan namanya ya, untuk mendapatkan air mendidih bunda hanya perlu mencolokkannya ke listrik rumah Anda.

Dengan begitu proses membuat kopi atau teh akan semakin efektif dan efisien. Apalagi di pagi hari, ketika bunda baru bangun dari tidur.

Cek Harganya di :

Bukalapak!

Shopee!

6. Mini Crepe Maker

Elektronik dapur

Untuk menambah lengkap elektronik dapur yang bunda punya, bunda pun bisa menambahkan Mini Crepe Maker.

Saat membuatnya pun mudah. Bunda hanya perlu gandum, kemudian telur, terigu, lalu garam, mentega, dan juga susu. Setelah adonan bunda buat, maka bunda bisa langsung memanaskan alat ini, dan membuat crepe-nya. Agar semakin lezat, bunda bisa menambahkan berbagai macam topping.

Cek Harganya di :

Bukalapak!

Shopee!

7. Air Fryer

Elektronik dapur

Alat satu ini sangat amat recommended bagi mereka yang sedang mengusahakan hidup sehat ya. Dimana upaya ini didukung dengan sebuah alat yang menggunakan timer saat memasak makanan, sehingga masakan bisa matang dengan sempurna.

Selain itu merk air fryer terbaik bekerj a untuk mematangkan makanan tanpa minyak. Tentu saja hasilnya akan jauh lebih sehat untuk konsumsi kita.

Cek Harganya di :

Bukalapak!

Shopee!

8. Panci Elektrik

Elektronik dapur

Panci merupakan sebuah perangkat memasak yang pasti dibutuhkan oleh semua Ibu di rumah. Nah alat ini juga tersedia yang elektrik, dimana untuk memfungsikannya bunda membutuhkan support dari listrik.

Berbagai makanan bisa dibuat menggunakan panci ini loh, diantaranya membuat bubur bayi, kemudian membuat nasi kebuli, sup, bahkan bolu kukus juga bisa bunda buat dengan alat ini.

Selain itu elektronik dapur satu ini juga pas loh untuk bunda bawa saat travelling. Dengan satu alat ini bunda bisa menumis, kemudian merebus, bisa mengukus dan juga menggoreng.

Cek Harganya di :

Bukalapak!

Shopee!

9. Electric Barbeque Grill

Elektronik dapur

Saat berkumpul dengan kuluarga dan teman-teman kurang komplit rasanya jika tanpa kegiatan bakar-bakar.

Nah elektronik dapur satu ini bisa bunda persiapkan untuk mengakomodir kegiatan tersebut. Dimana bunda bersama keluarga dan teman-teman, hanya perlu menyiapkan berbagai bahan yang akan dibakar. Selanjutnya bisa bunda sajikan jika sudah matang.

Cek Harganya di :

Bukalapak!

Shopee!

10. Rice Cooker Magic

Elektronik dapur

Sesuai dengan namanya, alat elektronik rumah tangga yang satu ini juga pasti diperlukan untuk kegiatan membuat nasi, kemudian bubur, dan menghangatkan sayur.

Bunda sebaiknya memilih rice cooker magic yang berkualitas yaa. Sehingga tetap bisa membuat makanan terasa segar, dan mengandung banyak gizi yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Cek Harganya di :

Bukalapak!

Shopee!

Nah itulah tadi alat elektronik rumah tangga yang sangat dibutuhkan di dapur bunda. Melengkapi elektronik dapur, pastinya akan membuat kegiatan di dapur menjadi semakin nyaman dan mengasikkan ya. Diantara daftar di atas, mana saja yang sudah bunda miliki?

Gambar Gravatar
Menulis adalah salah satu cara mengaktualisasikan diri, memberi informasi bermanfaat, dan sebagai upaya menjadi pribadi yang berguna untuk orang banyak. Silhakan share jika bermanfaat.