cara membuat undangan pernikahan sendiri
image wikipedia

5 Cara Membuat Undangan Pernikahan Sendiri, Mudah dan Berkualitas!

Diposting pada 751 views

Cara membuat undangan pernikahan sendiri sebenarnya tidak sulit. Apalagi jika kamu sudah memiliki laptop dan printer. Saya akan menjelaskannya secara rinci berdasarkan pengalaman, semoga bermanfaat ya.

Saya yakin, jika dipraktekan dengan telaten kamu bisa membuat undangan pernikahan sendiri dengan kualitas terbaik. Tentunya tidak kalah kualitasnya, dengan kamu memesan ke percetakan undangan.

Pengertian Undangan Pernikahan

Sebelum membahas cara membuat undangan pernikahan sendiri. Ada baiknya kita pahami sedikit lebih dalam, mengenai pengertian undangan pernikahan itu sendiri.

Pada dasarnya undangan pernikahan adalah sebuah surat berbentuk kartu, dimana isinya meminta penerima untuk hadir dalam suatu acara/ resepsi pernikahan.

Biasanya undangan tersebut dicetak pada sebuah kertas. Meski kadang ada juga yang menggunakan kain atau akrilik.

Selain menggunakan sistem cetak offset, pencetakan undangan yang menggunakan kertas juga banyak yang menggunakan digital printing. Di dunia percetakan, undangan terbagi menjadi dua tife, yakni softcover dan hardcover.

Pengertian undangan softcover yaitu undangan yang dibuat menggunakan selembar kertas. Umumnya kertas yang digunakan adalah BC, jasmine, aster, dan juga art carton.

Sementara yang dimaksud dengan undangan hardcover adalah, undangan yang dalam pembuatanannya diberikan lapsan karton di dalamnya, sehingga selain tebal juga bisa keras.

Jenis – Jenis Undangan Pernikahan

Saat ini, setiap vendor undangan saling berlomba untuk menghadirkan desain undangan terbaik. Sebelum membahas lebih jauh tentang cara membuat undangaan pernikahan sendiri, sebaiknya kamu harus memahami jenis-jenis undangan itu sendiri.

Selain agar lebih mudah menentukan jenis undangan yang dipilih, juga agaar undangan yang dibuat nantinya bisa benar-benar berkualitas. Berikut ulasannya.

Undangan Digital

Seiring perkembangan zaman, dimana segala sesuatunya dibuat secara digital. Undangan pun akhirnya kini bukan hanya melalui kertas yang dicetak, tapi juga bisa melalui media digital seperti video maupun gambar.

Dengan menggunakan media digital, kamu bisa dengan mudah menyebarkan undangan tersebut kepada para pengguna digital lain yang dituju. Misalnya saja dengan menggunakan media sosial. Selain efektif dan efisien, kamu juga tidak perlu pergi kemanapun unutuk menyebarkan undangan satu persatu.

Undangan Blangko

blangko undangan

Jenis undangan berikutnya adalah blangko. Undangan jenis ini, biasanya berbentuk kertas kosong, yang sudah didesain khusus oleh para vendornya. Kamu bisa menggunakan komputer dan printer rumahan, untuk mencetak tulisan maupun gambar pada kertas undangan ini.

Pada prinsipnya, dasar, warna, maupun model undangan ini tidak dirubah. Hal ini karena jenis udangan ini diproduksi masal oleh produsen, sehingga kita hanya bisa mengisi tulisan maupun menambahkan gambar saja.

Undangan Jadi atau Tulis Tangan

undangan tulis tangan

Undangan jenis ini, biasanya dapat dengan mudah kita temukan di toko-toko, yang tak melayanai jasa cetak undangan sekali pun.

Sama seprti undangan blangko, undangan ini juga dibuat masal oleh produsen. Hanya saja, sudah mencantumkan sejumlah tulisan sebagai dasar dari berita undangan yang hendak disampaikannya. Data tersebut meliputi sambutan, data nama pengantin, waktu dan tempat resepsi, hormat kami, dan juga turut mengundang.

Jadi pengguna tinggal menuliskan data-data yang dibutuhkan, pada kolom data tersebut.

Undangan Custom

undangan-pernikahan
Bagi kamu yang ingin menghadirkan undangan berkualitas yang unik, dan benar-benar hasil karya sendiri undangan custom adalah pilihannya.

Dalam hal mendesain, kamu bebas mengkreasikan kreativitas maupun keinginan. Baik itu bahan yang digunakan, model, warna, tulisan hingga dekorasi dari undangan yang hendak dibuat tersebut.

Cara Membuat Undangan Pernikahan Sendiri

Setelah memahami jenis-jenis undangan di atas, silahkan kamu pilih jenis undangan mana yang ingin dibuat. Sementara jika tak ingin repot, kamu bisa pesan cetak undangan online di duniaelektronik.net. Tinggal pesan melalui WA kami 0823 2727 7319, maka setelah undangan yang diinginkan selesai dibuat kami akan mengantarkannya ke tempat kamu.

Alat dan Bahan Membuat Undangan

Pastikan sebelum memutuskan membuat undangan pernikahan sendiri, alat dan bahannya terlebih dahulu sudah dipersiapkan dengan baik.

Ada pun alat dan bahan tersebut yaitu:

1. Laptop atau PC
2. Printer
3. Tinta printer yang tidak mudah luntur dan pudar.
4. Kertas undangan

Pilihan Undangan Pernikahan

Setiap pilihan undangan tentu memiliki prosedur tersendiri dalam membuatnya dari awal, hingga kemudian bisa disebarkan ke pada orang-orang yang dituju.

1. Mendesain Sendiri

Bagi kamu yang terampil dalam hal desain, baik menggunakan Photoshop, Corel Draw, maupun lainnya maka bisa mendesain sendiri sesuai keinginan. Dalam hal ini kami tidak bisa menjelaskan lebih, sebab setiap desain yang dibuat tentu menyesuaikan keinginan individu masing-masing.

2. Menggunakan Blangko

Jika menggunakan blangko undangan, maka kamu bisa memesannya terlebih dahulu. Jangan lupa selain blangkonya, kamu juga harus memesan katalognya sebagai panduan dasar mengenai undangan yang akan dicetak. Untuk keperluan blangko undangan kamu bisa membelinya di sini.

Setelah blangko diterima, selanjutnya silahkan kamu buat area kerja yang sesuai. Baik bentuk maupun ukurannya, agar dibuat sama dengan blangko tersebut. Hal ini bertujuan untuk memudahkan kamu dalam menempatkan tulisan maupun gambar, sehingga bisa tepat berada di area kosong blangko yang tersedia.

3. Menggunakan Aplikasi Komputer

Mayoritas orang menggunakan aplikasi Corel Draw maupun Photoshop untuk mendesain undangan. Meski demikian, sebenarnya ada aplikasi lain yang bisa digunakan untuk mendesain undangan. Bahkan kamu pun bisa menggunakan aplikasi Microsoft Word untuk keperluan ini.

Desain saja undangan yang kamu inginkan menggunakan berbagai tool yang disediakan. Bahkan kamu juga bisa mendownloadnya. Kamu bisa download undangan format word gratis, melalui website terpercaya.

4. Menggunakan Aplikasi Smartphone

Saat ini, ada banyak sekali aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mendesain undangan. Kamu cukup mengunjunginya, kemudian memasukan prosedur sesuai aplikasi yang digunakan. Pembahasan lengkap mengenai hal ini, akan coba saya bahas pada artikel selanjutnya.

Adapun contoh aplikasi undangan yang bisa kamu cari di Google Play Store, diantaranya sebagai berikut:

  • Brithday Invitation Card Maker
  • Canva
  • Creator
  • Greeting Cards Gallery
  • Greeting Card Maker
  • Greetings & Invitation Maker
  • Housewarming Invitation Maker
  • Invitation Maker 2.0
  • Party Invitation Card Maker
  • Wedding Invitation Card Maker

5. Menggunakan Situs Pembuat Undangan

Setidaknya ada 10 website desain undangan pernikahan terbaik. Kamu bisa mengunjungi salah satunya, untuk membuat desain undangan yang diinginkan.

Cara Mencetak Undangan Pernikahan Sendiri

Setelah undangan kamu selesai didesain, langkah selanjutnya adalah mencetak undangan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan selama mencetak undangan, diantaranya sebagai berikut:

Pastikan kamu mengatur ukuran kertas pada pengaturan printer, sesuai dengan ukuran kertas yang digunakan. Kamu bisa mengaturnya dengan mudah pada menu pengaturan, ukuran kertas, kemudian pilih custom.

Dalam mencetak, antara posisi kertas di komputer dengan printer selalu terbalik. Misalnya posisi kertas A berada di atas pada layar monitor, maka pada printer posisi A tersebut harus berada di bawah.

Setelah hal-hal di atas diperhatikan, silahkan bisa memulai mencetak undangan yang telah kamu desain tadi.

Demikianlah pembahasan mengenai 5 cara membuat undangan pernikahan sendiri. Jangan lupa, bagi yang ingin memesan undangan secara online silahkan bisa menghubungi kami via WhatsApp 0823 2727 7319. Kami akan berusaha maksimal, memberikan undangan terbaik sesuai keinginan Anda.

Gambar Gravatar
Jasa Rilis dan Backlink ke Berbagai Media Nasional Menerima kursus blog sampai menghasilkan dari berbagai sumber, Jasa pembuatan Blog, Website, maupun Toko Online. Mulai dari 50K s/d 800K. More info klik detatang.com Temukan tulisan saya di Membangun Inspirasi, detatang.com, duniaelektronik.net, klikmania.net dan puluhan blog lainnya. Contact: admin@detatang.com / 0823 2727 7319