Cara mengatasi AC tidak dingin
Cara mengatasi AC tidak dingin

Harus Tahu! Inilah Cara Mengatasi AC Tidak Dingin

Diposting pada

Cara mengatasi AC tidak dingin, tentu bukan perkara yang mudah. Namun bukan berarti anda tidak bisa melakukannya sendiri, tanpa bantuan jasa service AC. Apalagi masalah AC tidak dingin, sepertinya hampir sering dialami oleh sebagian mereka yang di rumahnya menggunakan AC. Tentu kondisi seperti ini sangat mengganggu bukan?

Apa sih yang menyebabkan AC menjadi tidak dingin? Sebenarnya AC yang menjadi tidak dingin lagi, merupakan salah satu tanda kerusakan pada AC. Namun anda tidak perlu khawatir atau panik dan buru-buru mencari jasa service AC, karena dalam kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi cara mengatasi AC yang tidak dingin, yang bisa anda lakukan sendiri.

Baca Juga : AC di Rumah Rembes? Perhatikan Cara Memperbaiki AC Bocor Berikut

Untuk mengatasi AC yang tidak dingin, terlebih dahulu tentunya anda harus mengetahui penyebab, mengapa AC di rumah menjadi tidak dingin. Karena penanganan AC tidak dingin, tergantung dari faktor penyebabnya sendiri. Langsung saja simak ulasan tentang cara mengatasi AC tidak dingin berikut ini.

Langkah-langkah Mengatasi AC Tidak Dingin

Pernahkah anda mengalami AC yang hidup namun tidak dingin? Padahal anda sudah menurunkan suhunya hingga ke minimal, namun ternyata AC tetap tidak menunjukkan tanda-tanda kenormalan. Coba anda lakukan beberapa langkah mengatasi AC tidak dingin berikut ini:

Membersihkan AC

AC yang tidak pernah dilakukan pembersihan atau perawatan, sering menyebabkan bagian evaporator indoor maupun outdoor cukup banyak debu atau kotoran. Hal tersebut dapat menyebabkan hawa dingin tidak bisa menyebar ke seluruh ruangan.

Baca : 8 Cara Merawat AC Agar Awet Tahan Lama, dan Tidak Mudah Rusak

Cara mengatasinya itu sebisa mungkin segera membersihkan filter indoor, dengan membuka tutup Inter bagian atas. Kemudian ambilah filter udara tersebut, dan cuci dengan bersih menggunakan sabun deterjen.

Tekanan Freon yang Kurang

Langkah kedua yang bisa dilakukan yaitu mengecek tekanan gas freon. Coba cek apakah tekanan freon kurang, karena hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya kebocoran pada AC, dan AC menjadi tidak dingin. Cara mengatasinya, yaitu dengan mengencangkan semua baut nepel, lalu menambahkan tekanan freon yang sama di AC tersebut.

Indoor AC Hidup, Tapi Outdoor Mati?

Ada masalah lainnya yang juga menjadi penyebab AC menjadi tidak dingin, yaitu ketika indoor AC hidup tapi yang outdoor mati. Sehingga cara mengatasi AC tidak dingin, karena hal seperti ini adalah sebagai berikut:

Cek Mode Remote Control

Anda perlu memastikan mode pada remote, dalam posisi bintang atau cool, bukan pada mode dry. Karena model tersebut, hanya untuk menyalakan motor fan saja sehingga unit outdoor tidak mendapat kiriman arus listrik.

Cek Thermistor AC

Coba perhatikan Apakah thermistor AC berfungsi dengan baik. Karena alat ini, berfungsi sebagai otomatis. Sehingga kompresor bisa stand by, ketika suhu ruangan telah mencapai suhu yang sesuai, dengan yang diinginkan dari remote.

Cek Kapasitor AC pada Unit Outdoor

AC yang tidak dingin, bisa jadi karena kipasnya saja yang berputar. Biasanya Hal ini karena pada bagian kapasitornya mengalami kerusakan. Sehingga Anda perlu mengecek bagian kapasitor AC di unit outdoor.

Referensi Kami: Air Cooler Tidak Dingin ? Ini Sebab dan Cara Mengatasinya

Ampere Kompresor Melebihi Batas Normal

Untuk mengatasi masalah ini, yaitu dengan menjepitkan rahang penjepit tang ampere di antara kedua kabel plus dan minus, pada kabel kiriman di bagian outdoor. Namun jika hal tersebut tidak mengatasi, maka terpaksa anda harus mengganti dengan produk AC yang baru.

Demikin pembahasan kami mengenai ac yang mati. Dari penyebab hingga tentang cara mengatasi AC tidak dingin, yang bisa menjadi informasi untuk anda yang mengalami masalah tersebut, dan semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *