Cara Merawat AC Awet Tahan Lama

8 Cara Merawat AC Agar Awet Tahan Lama, dan Tidak Mudah Rusak

Diposting pada

Cara merawat AC agar awet tahan lama, adalah suatu informasi penting. Sebab dengan mengetahuinya, maka AC sobat akan senantiasa prima, awet dan tidak mudah rusak.

Saat ini Ac merupakan kebutuhan yang cukup urgent, hampir di semua perkantoran ataupun tempat keja lainnya, telah dilengkapi dengan AC untuk menunjang kenyamanannya. Selain di berbagai fasilitas umum, saat ini AC juga banyak digunakan oleh masyarakat untuk kepentingan pribadi. Baik untuk dipasang di kamar tidur, ruang keluarga, ruang tamu, dan lainnya.

Jika kita tidak mengetahui cara merawat AC dengan baik, maka tidak menutup kemungkinan AC yang kita beli akan mudah rusak. Salah satu hal yang paling penting, pastikan pula anda membeli AC dengan merk berkualitas, sehingga tidak akan dikecewakan setelah membelinya.

Baca : 10 Merk AC Terbaik dan Hemat Listrik, Cocok untuk di Rumah dan Tempat Kerja

8. Cara Merawat AC Agar Tahan Lama

Sama seperti peralatan elektronik lainnya, AC juga memerlukan perawatan khusus sehingga tidak mudah rusak. Berikut dijelaskan 8 cara mewarat AC agar awet tahan lama.

1.Pastikan Ruangan Benar-Benar Tertutup

Cara Merawat AC Awet Tahan Lama

AC memiliki fungsi untuk menyegarkan suhu ruangan, jika pintu atau atau jendela terbuka, maka udara panas dari luar akan mudah masuk. Jika dibiarkan, maka kompresor AC akan senantiasa harus bekerja dengan sangat ekstra sehingga akan mudah sekali rusak.

Oleh karena itu, pastikan ketika AC dinyalakan ruangan benar-benar tertutup rapat. Selain dapat membuat kompresor bekerja dengan normal, lebih dari itu udara dingin pun dapat dengan mudah menyebar sekalipun AC baru dinyalakan.

2. Jangan Merokok di Ruangan Ber-AC

Cara Merawat AC Awet Tahan Lama

Meroko selain dapat membuat udara sekitar menjadi kotor, lebih dari itu asap yang dihasilkan pun dapat meningkatkan resiko kerusakan pada AC. Asap yang dihasilkan dari rokok tersebut, selain dapat membuat tampilan AC menjadi kusam, bagian dalamnya pun akan cepat mengalami kotor karenanya.

Lebih parah lagi, zat nikotin yang ada dalam rokok juga dapat mengendap di dalam evaporator. Hal ini tentu saja akan membuat udara yang dikeluarkan dari AC menjadi kurang sejuk bahkan pengap. Sebaiknya hindari merokok di ruangan ber-aC, sebab ini pun akan berdampak buruk bagi kesehatan anda.

Baca Juga : 10 Bahaya AC untuk Kesehatan dan Cara Pencegahannya

3. Gunakan AC Sesuai dengan Kebutuhan

Cara Merawat AC Awet Tahan Lama

Tidak sedikit orang yang membiarkan AC yang dimilikinya terus menyala. Jika sudah tidak diperlukan, sebaiknya matikan saja AC tersebut, selain lebih hemat energi, hal ini juga dapat membuat AC lebih awet tahan lama.

Pada dasarnya, waktu ideal untuk AC beroprasi adalah selama 5 jam, jadi jika sudah lebih dari itu sebaiknya matikan AC agar bisa beristirahat. Jika memang anda harus menggunakan AC lebih dari 5 jam, silahkan gunakan fitur otomatis agar ketika sudah terlalu lama, AC bisa beristirahat sejenak untuk menjaga performanya.

Dengan menggunakan fitur otomatis, maka AC akan bisa beristirahat sesuai dengan kebutuhannya. Setelah cukup, ia kemudian akan menyala kembali untuk menjalankan tugasnya mendinginkan ruangan, ketika suhu udara sudah tidak terlalu dingin lagi.

Sebaiknya, jangan lupa matikan AC ketika hendak meninggalkan ruangan. Lebih dari itu, jika anda akan bepergian jauh sebaiknya amatikan saklar atau bahkan cabut stop kontaknya. Hal ini sangat penting, sehingga AC tidak akan mengalami konsleting, yang akhirnya dapat menyebabkan kerusakan.

4. Jangan Lupa Bersihkan Filter AC Secara Berkala

Cara Merawat AC Awet Tahan Lama

Filter AC adalah salah satu komponen yang sangat penting, jika komponen ini kotor udara yang dihasilkan juga bisa ikut tercemar, bahkan juga tersumbat. Desainnya yang mudah dibongkar pasang, tentu akan membuat anda menjadi sangat mudah untuk membersihkannya.

Dalama hal membersihkan filter ini tentu sangat mudah, anda tinggal melepaskannya dari unit AC, untuk kemudian anda cuci sampai bersih menggunakan air dan sikat gigi bekas yang masih bersih.

Lakukan proses pembersihan filter ini antara 1 hingga 2 bulan sekali. Namun jika saat dibuka filternya sudah sangat kotor, akan lebih bijak sana jika anda langsung menggantinya dengan yang baru.

5. Lakukan Service Secara Berkala

Cara Merawat AC Awet Tahan Lama

Service atau perawatan AC tentu bukan hanya membersihkan filternya saja. Mengingat ada beberapa komponen lain yang juga harus dirawat, sebaiknya anda menggunakan jasa service AC yang memang sudah ahi dalam bidang tersebut.

Baca : AC Mobil Tidak Dingin ? Ini Sebab dan Solusinya

Jika AC berjenis split, maka mesin outdoor dan indoornya akan dibersihkan. Sebaiknya gunakan jasa service ini setiap 3 bulan sekali. Selain dapat senantiasa memantau kinerja AC, hal ini juga dapat mengurangi beban kerja AC dikarenakan bagian dalamnya yang sangat kotor.

6. Pasang Termometer di Ruangan

Cara Merawat AC Awet Tahan Lama

Termometer adalah alat pengukur suhu, yang sangat berguna untuk memantau kinerja AC setiap saat. Baik atau menurunnya kinerja AC, dapat dengan mudah dilihat dari hasil alat ukur tersebut. Ketika AC rusak, maka ia tidak akan bisa mengeluarkan suhu, sesuai dengan yang anda inginkan.

Contohnya saja saat anda mengatur suhu 25 derajat celcius, namun ternyata suhu udara di dalam ruangan tetap panas, dan ketika mengecek di termometer suhu ruangan tersebut ternayata adalah 30 derajat celcius.

Jika hal ini terjadi, cek apakah ketidak sesuaian ini disebabkan karena terlalu banyaknya orang dalam ruangan, atau mungkin karena ruangan yang berukuran terlalu besar. Namun jika hal ini terjadi, pada ruangan yang tidak terlalu luas dan tidak ada banyak orang di dalamnya, berarti itu menandakan AC anda rusak, dan harus segera memanggil tukang service, sehingga kerusakan tidak menjadi parah.

7. Jangan Lupa Cek Tekanan Freon

Cara Merawat AC Awet Tahan Lama

Freon adalah salah satu bahan pendukung, yang sangat menentukan dingin tidaknya sebuah alata pendingin ruangan. Bila freon bocor, maka tekanan freon yang dihasilkan akan turun drastis sehingga AC tidak akan dingin lagi, atau bahakan ia akan mati hidup dengan sendirinya.

Baca Juga : Pendingin Ruangan Pengganti AC, Harga Terjangkau Kualitas Mumpuni

Dengan demikian, cara merawat AC agar awet yang tidak boleh dispelekan adalah dengan mengecek tekanan freon, minimal setiap 6 bulan sekali. Tentu saja ini hanya bisa dilakukan oleh ahlinya, oleh karena itu gunakanlah jasa service AC profesional. Jika ternyata tekanannya berkurang, mintalah agar jasa service menambah kembali tekanan freonnya, sehingga AC dapat kembali bekerja dengan normal.

8. Gunakan Fitur Timer

Agar AC selalu awet, sebaikny jangan lupa untuk senantiasa menggunakan fitur timer. Fitur ini sangat bermanfaat untuk mengatur waktu operasional AC, selama waktu yang telah diatur sebelumnya.

Contohnya saja jika anda mengatur timer untuk empat jam, maka AC akan mati secara otomatis setelah beroprasi selama empat jam kedepan. Dengan senantiasa menggunakan fitur ini, maka anda akan terhindar dari kasus lupa mematikan AC, sehingga tidak akan terulang lagi AC terus menyala padahal tidak ada orang di dalam ruangan.

Selain itu, dengan mengatur timer AC, maka kinerja AC akan senantiasa ringan. Sebab AC hanya akan bekerja sesuai kebutuhan anda, dan akan mati otomatis saat pengaturan waktunya telah berakhir.

Demikian cara merawat AC dengan baik, sehingga akan bisa membuat AC lebih awet. Semoga tulisan ini bermanfaat, jika ada tips yang lainnya sudilah kiranya anda mau berbagi di kolom komentar.

https://www.youtube.com/watch?v=0DRN-xzc06M

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *