Jenis-Jenis ic

Jenis-Jenis ic (Komponen Sirkuit Terpadu) yang Penting untuk Dipahami!

Diposting pada 747 views

Jenis-jenis ic atau komponen sirkuit terpadu, juga penting dipahami bagi yang mempelajari elektronika. Pada komponen dasar elektronika, memang hanya mengenai empat jenis komponen yaitu dioda, resistor, kapasitor dan transitor.

Sebenarnya masih ada lagi komponen dasar elektronika lainnya, yaitu komponen sirkuit terpadu.

Apa Itu Ic ?

Lantas apa itu ic ?

Komponen sirkuit terpadu (ic), adalah salah satu komponen yang ada di dalam rangkaian elektronika modern. Bisa dikatakan semua rangkaian elektronika yang sudah terbentuk, menggunakan rangkaian ini.

Sirkuit terpadu atau integrated circuit atau disingkat IC tentunya memiliki banyak fungsi dan kelebihan. Sirkuit terpadu disini dapat dikatakan sebagai pelengkap dari empat komponen dasar elektronika. Tidak hanya itu, terdapat juga jenis-jenis ic yang terbagi kedalam golongan tertentu yang akan dijelaskan dibawah ini.

Jenis-Jenis Ic

Terdapat beberapa jenis ic berdasarkan penggolongannya, yakni sebagai berikut:

Jenis-Jenis IC Berdasarkan Aplikasinya

Penggolongan IC yang pertama, yaitu berdasarkan aplikasinya. Komponen sirkuit terpadu berdasarkan aplikasinya terbagi kedalam 3 jenis.

IC Analog

Fungsi ic jenis analog yaitu mengoperasikan rangkaian elektronika, yang menggunakan sinyal berbentuk gelombang lanjutan atau kontinyu. Adapun beberapa contoh IC digital yaitu IC penguat sinyal, IC penguat daya, IC multiplier dan masih banyak lainnya.

IC Digital

IC digital adalah IC yang memiliki fungsi dan tugas beroperasi pada sinyal digital. Sinyal digital tersebut memiliki dua level, yaitu rendah dan tinggi. Adapun contoh IC digital yaitu IC memory, IC multiplexer, dan lain lain.

IC Campuran (Mixed IC)

IC campuran merupakan penggabungan dari IC analog dan IC digital. Kombinasi IC analog dan IC digital dibungkus atau dirangkai ke dalam satu kemasan yang dinamakan IC campuran.

Jenis-jenis IC ini, bertugas untuk mengintegrasikan dan menggabungkan antara fungsi RF dengan sinyal digital kedalam sebuah kemasan IC.

Jenis-Jenis IC Berdasarkan Jumlah Komponennya

Pengelompokan sirkuit terpadu yang kedua yaitu berdasarkan jumlah komponennya. Berdasarkan jumlah komponennya, IC terbagi kedalam tiga jenis yaitu small scale integration, medium scale integration dan large scale integration.

Small Scale Integration (SSI)

Sesuai namanya, jenis IC ini memiliki kapasitas kecil. Tidak hanya itu, SSI juga memiliki tugas yang terbatas. IC SSI juga hanya terbentuk dari beberapa transitor mini, dan memiliki daya listrik yang rendah.

Medium Scale Integration (MSI)

Jika IC SSI hanya terdiri dari beberapa bagian transitor yang kecil atau sedikit, berbeda dengan MSI. IC MSI terdiri dari ratusan bagian transitor, yang dikemas kedalam satu buah IC.

IC ini dinilai lebih ekonomis dan menguntungkan dibandingkan dengan IC SSI. Hal ini karena kapasitasnya tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. UntukĀ  ic harga jenis MSI juga terjangkau dan tidak membuat kantong bolong.

Large Scale Integration (LSI)

Sesuai dengan namanya, IC LSI merupakan IC yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan transitor. Jenis IC ini terbilang tidak baru di dunia elektronika karena sudah diciptakan sejak tahun 1970an. IC LSI biasanya digunakan untuk rangkaian elektronika berskala besar.

Sebenarnya masih ada jenis-jenis ic yang ada, namun penjelasan diatas hanya menguraikan sebagiannya saja. Semoga dapat menjadi tambahan pengetahuan dan wawasan berarti.

Gambar Gravatar
Menerima kerja sama review produk, bisnis, dan lainnya melalui duniaelektronik.net Jasa pembuatan website, press release dan backlink ke berbagai Media Nasional Indonesia. More info bisa via WhatsApp 0823 2727 7319.